November 26, 2008

Bersyukurlah

Kemarin sore memang sedang tidak bersahabat, hujan terus turun mengguyur bumi, angin pun tidak mau kalah bertiup dengan kencangnya. Saya masih ada di kantor saat tiba-tiba salah satu rekan sekantor saya menghubungi saya lewat chatting di komputer. Dia mengeluh kepada saya bahwa ia sedang bosan. Saya cukup terheran-heran karena saya tahu rekan saya ini adalah orang yang sangat positif, dan bukan orang yang mudah mengeluh, bahkan dia cenderung tidak suka mengeluh. Saya tanya padanya apakah bosan dengan kantor ? Dia bilang bosan dengan kehidupannya, pekerjaan yang monoton dan begitu-begitu saja, pulang ke rumah capek dan harus merawat anaknya yang memang saya tahu sangat aktif, istrinya pun bekerja dan pulang dalam keadaan capek, hendak refreshing pergi terhalang anak keduanya yang masih bayi, hendak melakukan sesuatu sendirian seperti main game, membaca buku, perlu menunggu hingga anaknya yang aktif itu tertidur, sehingga baru bisa dilakukan larut malam. Kondisi itu dia hadapi setiap hari.


Rekan-rekan, ini adalah salah satu dari sekian banyak stress yang kita hadapi setiap hari, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Satu pelajaran yang saya tangkap, bahkan orang paling positif yang kita kenal pun punya masalah. Bagaimana kita bisa menghadapi ini semua memang memerlukan kegigihan, bukan kegigihan untuk berjuang mengalahkan kondisi-kondisi tersebut, namun kegigihan untuk tetap positif.

Satu cara yang menurut saya sangat jitu adalah dengan bersyukur. Renungkan bahwa sekacau apapun kondisi dan situasi keluarga yang anda hadapi, syukurilah karena anda memilikinya. Ada rekan kita di luar sana yang bahkan keluarga saja tidak punya. Ada rekan kita yang mungkin sudah terjerumus dalam narkoba, perceraian, atau bunuh diri karena kondisi yang lebih parah dari yang kita hadapi.
Kehidupan adalah roda yang berputar, sudah sepantasnyalah kita biarkan tetap berputar dan tidak menghentikannya justru pada saat kita sedang di bawah roda kehidupan kita.

Teruslah bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang ini dan tataplah ke masa depan, niscaya roda kehidupan kita akan kembali berputar dan kita akan kembali berada di atas roda kehidupan kita.

Salam Positif!

No comments: