November 25, 2008

Berteman dengan Stress

Siapa manusia yang dalam hidupnya tidak pernah mengalami stres? Hampir pasti tidak ada. Hidup selalu dihadapkan pada beragam masalah dan tekanan yang bisa menimbulkan stres.
Encarta Dictionary mendefinisikan stres yang dirasakan seseorang sebagai ketegangan mental, emosional, atau fisik, yang disebabkan misalnya oleh kecemasan atau kelelahan. Definisi yang lebih luas menyatakan bahwa stres adalah segala perubahan di dalam hidup kita yang menyebabkan kita beradaptasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, beragam stres yang kita alami bisa disebabkan oleh bermacam hal, seperti kemacetan lalu-lintas, ujian, target pekerjaan, masalah keluarga, dan konflik antarteman. Berarti, segala hal di dalam kehidupan kita, baik yang ringan maupun berat, bisa menimbulkan stres.

Pemahaman awam biasanya mengatakan bahwa stres itu negatif dan harus dihindari. Kurangnya pemahaman inilah yang justru kerap membawa seseorang secara tidak sadar ke dalam stres yang berkonotasi negatif. Loh, memangnya ada stres yang positif? Ada. Stres tidak selamanya berkonotasi negatif. Ada juga yang positif.

--- Diambil dari "Berteman dengan Stress, karya Rizka Halida"

No comments: